[Resensi Buku] Berguru Pada Pesohor : Ingatan dalam Resensi Buku

Melalui resensi, nasib sebuah buku ditentukan takdirnya, cacat atau hidup mulus. Penulis resensi dituntut untuk bermata ganda: mata seorang wisatawan dan sekaligus penyidik.”

image

Tak banyak buku yang mengulas mengenai resensi buku secara khusus. Umumnya, resensi buku hanya menjadi bagian dari buku-buku yang membahas tentang panduan menulis.

Untuk seorang pelupa yang sering mengabadikan ‘kenangan’ membaca buku dalam bentuk resensi, buku ini sangat membantu. Apalagi sekarang saya mengambil penelitian tentang kemampuan meresensi buku untuk tugas akhir saya menuju sarjana S1. *Terima kasih untuk Mas Bajang yang telah merekomendasikannya. ๐Ÿ™‚

Untuk penulis, penerbit, media massa, dan pembaca, resensi buku memiliki manfaat yang sangat penting. Resensi merupakan ulasan atas sebuah buku yang tak hanya mencantumkan identitas buku, tapi juga menceritakan isi buku, kekurangan dan kelebihan, kritik/saran, bahkan bila perlu pengalaman penulis atas buku tersebut.

BERGURU PADA PESOHOR: Panduan Wajib Menulis Resensi Buku merupakan buku panduan menulis resensi buku terlengkap yang pernah saya temukan. Mulai dari pengertian resensi, bagaimana memilih buku, model-model resensi, sampai bagaimana menerbitkan buku antologi resensi. Tak hanya itu, buku panduan ini juga membagikan tip bagi para resensor bagaimana mengolah resensi yang ditulis–membuat judul, mengolah paragraf utama, isi, dan penutup.

Salut kepada kedua penulis buku ini, Diana AV Sasa dan Muhidin M Dahlan, yang sangat piawai menyusun ini–dan untuk riset-riset luar biasanya.

Buku ini juga dilengkapi nama media-media yang memuat kolom resensi buku beserta alamat, persyaratan, sampai honor resensi yang dimuat. Pun beberapa alamat web dan para blogger yang sering meresensi buku di blog mereka.

Selain kesalahan pengetikan di sedikit bagian, buku yang terbit April 2012 (cetakan kedua) ini juga sepertinya lebih fokus pada resensi nonfiksi. Dilihat dari contoh-contoh resensi yang ditampilkan.

Terlepas dari itu, buku ini sangat saya rekomendasikan untuk para resensor dan pembaca buku yang ingin membuat ulasan buku yang tidak hanya sekadar mencantumkan identitas buku dan sinopsis isi, tapi juga ingin membuat resensi yang berkualitas. ^^
———————————–
Judul buku: BERGURU PADA PESOHOR : Panduan Wajib Menulis Resensi Buku | Penulis: Diana AV Sasa & Muhiddin M Dahlan | Penerbit: dbuku | Tahun terbit: 2011 (Cetakan kedua, April 2012) | Jumlah halaman: xii + 256 halaman | ISBN: 978-602-98997-0-2

Rating:

image

Advertisements

7 thoughts on “[Resensi Buku] Berguru Pada Pesohor : Ingatan dalam Resensi Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s