[Resensi Buku] Sherlock Holmes : Petualangan Kotak Kardus

Sahabatku ini tak pernah tertarik berlibur ke pedesaan maupun ke pantai. Dia lebih suka berada di jantung kota yang berpenduduk lima juta ini, mengendus-endus misteri yang belum terpecahkan.” -Watson-

Kali ini Sherlock Holmes dan Dr. Watson menghadapi kasus misterius yang terjadi di Cross Street, Croydon. Tepatnya di rumah Miss Cushing, seorang wanita lajang berumur lima puluh tahun. Sebuah paket aneh singgah di rumahnya. Sebuah kotak karton berisi garam yang masih kasar. Di antara garam kasar tersebut Miss Cushing menemukan dua buah telinga manusia yang jelas baru dipotong dari bagian tubuhnya.

Atas permintaan Mr. Lestrade, seorang polisi di Scotland Yard, Holmes dan Watson berangkat menuju Croydon untuk menangani kasus langka tersebut.

Holmes memulai penyelidikannya mulai dari tali yang digunakan untuk mengikat paketan yang datang. Lalu meneliti pembungkus kotak kardus, bau kopi yang muncul di pembungkus, sampai analisis tulisan yang digunakan si pelaku.

Ketika melihat sendiri dua telinga di dalam paket, Holmes menemukan fakta baru. Ditambah lagi fakta mengerikan dibalik paket yang menurut Miss Cushing adalah ulah iseng seseorang saja.

*

Tak pernah bosan mengikuti petualangan Holmes! Kali ini kisah diceritakan dari sudut pandang Dr. Watson, sahabat setia Holmes. Pembuka kisah ini sangat menarik. Analisis Holmes terhadap apa yang sedang dipikirkan Watson hanya dengan memperhatikan tingkah laku dan tatapan matanya. Kemampuan analisis inilah yang akan digunakan lagi oleh Holmes dalam membantu memecahkan kasus Kotak Kardus.

Saya tak meragukan kelihaian Sir Arthur Conan Doyle dalam meramu kisah misteri. Saya sudah menjadi pembacanya sejak umur belasan dan selalu suka dengan karya-karyanya. Kali pertama mengenal Sherlock Holmes yaitu di komik–favorit sepanjang masa versi saya–Detektif Conan.

Cara Holmes membuat deduksi, gayanya yang tenang dan kadang terlihat ‘sengak’, juga kata-katanya yang jujur dan terasa lucu, menjadikan Holmes menjadi salah satu orang yang paling dicari jika ada misteri yang sulit dipecahkan di Baker Street dan sekitarnya.

All hail, Holmes! ^^

——————————
Judul: Sherlock Holmes – Petualangan Kotak Kardus | Penulis: Sir Arthur Conan Doyle

Rating:

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s