[Resensi Buku] Sherlock Holmes : Petualangan Lingkaran Merah

Pendidikan tak pernah berhenti, Watson. Pendidikan adalah rangkaian pelajaran yang semakin lama malah semakin tinggi nilainya.”

Kasus kali ini melibatkan pasangan suami istri Italia dan Geng Lingkaran Merah, sebuah perkumpulan Neopolitan yang bersekutu dengan Geng Carbonari yang terkenal dan seorang tokohnya sedang dicari-cari polisi karena terlibat dalam puluhan kasus pembunuhan.

Bermula dari seorang pemilik pondokan bernama Mrs. Warren yang melaporkan tingkah aneh salah satu penyewa pondokannya. Selama beberapa waktu sang penyewa tak pernah menampakkan batang hidungnya. Setiap pagi sampai larut malam yang dilakukannya hanya mondar-mandir di kamarnya, membuat Mrs. Warren ketakutan. Sang penyewa bahkan membayar sedikit lebih tinggi daripada tarif yang biasa dan mengajukan syarat-syarat tertentu.

Holmes bersama Watson lalu berangkat mengunjungi pondokan Mrs. Warren dan menyelidiki hal-hal yang mencurigakan terkait si tamu. Mulai dari porsi makanan yang terlalu sedikit, kecurigaan kalau ternyata ada dua orang penyewa, sampai menyelidiki tulisan tangan dan alat tulis yang digunakan.

Namun, ternyata yang ditemukan Holmes dan Watson tidak hanya sekadar pemyewa yang aneh. Dalam proses penyelidikan Holmes bertemu dengan Gregson, seorang detektif Scotland Yard, bersama seseorang dari Agen Amerika Pinkerton.

Apakah yang menghubungkan kasus Holmes dengan kasus yang sedang ditangani Gregson? Siapakah yang ada di balik pintu dalam pondokan Mrs. Warren?

*

Lagi-lagi Holmes membuktikan kepiawaiannya membuat deduksi. Ia bahkan mampu menganalisis jenis kelamin korban hanya dengan melihat telinganya! Ada

Doyle sebagai otak cemerlang di balik kisah-kisah Sherlock Holmes saya akui sangat cerdas mengatur plot dan alur cerita. Bagaimana kisah yang awalnya terlihat sederhana ternyata mengandung misteri yang memerlukan analisa tinggi.

Satu hal yang saya suka dalam kisah-kisah Sherlock Holmes adalah tidak terlalu banyaknya tokoh yang terlibat. Semua tokoh dalam cerita-cerita Sir Conan Doyle memiliki porsi yang pas.

Karakter Holmes pun tidak dibuat sesempurna mungkin. Detektif cuek dan tenang, belum lagi karakternya yang suka mengomentari dengan gaya yang sangat santai dan kadang terkesan lucu bagi pembacanya. Dr. Watson pun hadir sebagai tokoh ‘penyeimbang’. Benar-benar apik! ^^
——————————-
Judul: Sherlock Holmes – Petualangan Lingkaran Merah | Penulis: Sir Arthur Conan Doyle

Rating:

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s