[Resensi Buku] Sherlock Holmes : Petualangan Detektif yang Sekarat

Sherlock Holmes sekarat!

Dr. Watson mendengar kabar itu dari Mrs. Hudson yang menemuinya di kamar praktiknya. Wanita itu melaporkan keadaan kesehatan Holmes yang semakin memburuk.

Selama tiga hari dia tak turun dari tempat tidurnya, dan saya bahkan merasa jangan-jangan dia tak akan tahan hidup hari ini. Dia melarang saya memanggil dokter. Pagi tadi ketika saya lihat wajahnya yang tinggal tulang dan matanya yang besar menatap saya, saya tak tahan lagi.”

Watson yang panik lalu mengunjungi sahabatnya dan kaget melihat kondisinya yang sangat parah. Sayangnya, Holmes tak mengizinkan Watson untuk mendekat. Meskipun Watson bersikeras untuk mendekatinya dan pada akhirnya mereka berdebat, Holmes tetap tak mengizinkan Watson untuk mendekat dan menyentuhnya.

Kalau kau sentuh aku, Watson, kau akan ketularan–ya, penyakit ini menular melalui sentuhan. Jadi harap menjaga jarak denganku.”

Lalu mengapa Holmes tak ingin diperiksa oleh Dokter Watson juga dokter lainnya, dan malah menyuruh Watson untuk memanggil Mr. Culverton Smith, pemilik perkebunan di Sumatra yang sedang berkunjung ke London? Apakah Mr. Culvertion Smith–yang sempat dicurigai oleh Holmes atas kematian keponakan lelakinya–akan membantu menyembuhkan penyakit Holmes?

Apakah ini akhir dari petualangan detektif cerdas kita?

*

Membaca kisah ini cukup membuat saya deg-degan. Awalnya saya bertanya pada diri sendiri, “Apakah tak ada kasus dalam cerita kali ini? Apakah Holmes akan baik-baik saja?”

Hormat saya kepada penulis kita, Sir Arthur Conan Doyle, atas kepiawaiannya membangun cerita yang benar-benar apik! Dalam kondisi ‘sekarat’ pun Holmes masih bisa mengeluarkan kemampuannya. Holmes masih saja seorang yang gemar memerintah, keras kepala, dan ‘cerewet’.

Holmes, dalam kondisi tak makan-minum selama tiga hari, membawa kejutan-kejutan bagi pembaca, bagi Watson dan tokoh-tokoh lainnya. Tak rugi menyaksikan petualangan detektif sekarat kita kali ini! ^^

—————————-
Judul: Sherlock Holmes – Petualangan Detektif yang Sekarat | Penulis: Sir Arthur Conan Doyle

Rating:

image

Leave a Reply

