[Resensi Buku] Strawberry Cheesecake : Manis Asam Cinta dalam Stroberi

Kamu harus terus belajar kalau tidak mau tertinggal. Betapa pun berbakatnya kamu, orang-orang yang belajar akan mengalahkan kamu, dan orang yang belajar paling banyak yang akan jadi pemenangnya.”

img_20161014_2036111Alana adalah seorang selebritis yang ‘terjebak’ dalam acara memasak di tv. Ia menyadari bakatnya adalah dunia entertainer, bukan di dapur. Tetapi demi Aidan, yang menyukai perempuan yang bisa memasak, ia akhirnya menerima tantangan dalam acara masak tersebut. ‘Toh, aku bisa belajar masak dari youtube,’ pikir Alana.

Tempat diadakannya tantangan dalam acara masak tersebut adalah sebuah deli yang terletak di daerah Bandung yang bernama Strawberry Garden Deli. Saat kali pertama menginjakkan kaki di tempat itu, di depan kamera tv yang sedang menyala, Alana menangkap sosok pengunjung yang ingin kabur tanpa membayar makanan terlebih dahulu.

Insiden tersebut mempertemukannya dengan Regan—si pelaku yang ia tangkap basah—yang ternyata sudah kali kedua ia temui tetapi tak ingat di mana ia pernah bertemu lelaki itu. Di luar dugaan, Regan yang berpenampilan sangar itu ternyata memiliki bakat memasak. Sadar karena dalam dua tantangan sebelumnya di Strawberry Garden Deli dirinya selalu kalah telak, Alana berpikir untuk menjadikan Regan sebagai ‘guru memasak’nya. Sayangnya, permintaan tersebut tak semudah membeli sepatu-sepatu bermerek bagi Alana. Ia harus memohon mati-matian agar akhirnya Regan mau mengajarinya memasak, meskipun dengan syarat yang sungguh membuat Alana bingung.

Apakah syarat yang diajukan Regan? Berhasilkah Alana melewati tantangan dalam reality show memasak tersebut dan membuat Aidan terkesan? Banyak hal yang dilalui Alana selama syuting acara memasak yang lambat laun membuatnya berpikir, “Apakah memang benar ini yang kuinginkan untuk orang yang kucintai?” Mari menikmati pemandangan di Strawberry Garden Deli sambil menikmati Strawberry Cheesecake karya Ayuwidya ini.

*

Strawberry Cheesecake adalah salah satu dari 3 novel seri #YummyLit dari Bentang Pustaka yang saya baca (kalian bisa membaca ulasan dua buku lainnya—Il Tiramisu di sini dan DÉESSERT di sini). Sebenarnya, draf novel ini sudah lebih dulu saya baca sebelum novel ini terbit. Terima kasih untuk Kak Ayuwidya yang sudah mempercayakan saya sebagai first reader dalam novelnya kali ini. *cium jauh*

14769048115041

Nona Princess :*

Sama seperti dua novel yang lain, novel dengan sampul merah stroberi ini juga mengangkat tema makanan—kali ini dengan tema makanan berbau stroberi. Selain konflik antara sepasang laki-laki dan perempuan, kisah ini juga dibumbui dengan kisah perselingkuhan (hmmm) dan konflik antara orang tua dengan anak. Selain itu, tokoh utama kita—Regan—diceritakan sebagai anggota ‘geng motor besar’ yang menyembunyikan kecintaannya pada dunia memasak dari teman-teman gengnya. Hal itulah yang juga sempat membuatnya dilemma untuk tetap mempertahankan mimpi-mimpinya atau tetap menjadi Regan yang ‘normal’ bagi orang-orang. Perubahan kondisi keluarga dan hidupnya yang tiba-tiba juga membuat tokoh Regan tidak jelas karakternya.

Karakteristik tokoh-tokoh dalam novel ini terlalu samar. Karakter Alana yang sangat manja dan berlebihan justru terasa menjengkelkan bagi saya. Untungnya terselamatkan dengan karakter Regan yang—meskipun tidak begitu kuat—dewasa dan mampu menyeimbangkan tokoh Alana. Hal yang kurang logis juga saya temukan dalam novel setebal 304 halaman ini. Misalnya, pada saat tangan Regan yang diperban ‘dipaksa’ untuk mengemudikan mobil oleh Tante Miranda. Serius? Itu bisa saja mencelakakan. Atau saat Alana mengatakan kepada dirinya sendiri bahwa ia tak bisa mengikuti perkembangan gosip dunia hiburan tanah air karena berada di tempat terpencil, padahal saat adegan di Strawberry Garden Deli Alana dengan lancar dan terus-menerus menonton video belajar memasak dari youtube. Hmmm.

Namun, terlepas dari kekurangan tersebut, bagi saya Ayuwidya berhasil ‘menggugah’ selera pembaca dengan kue-kue stroberi yang dibuat Regan. Detil-detil masakan dan adegan-adegan memasak dalam buku ini menunjukkan bahwa tema yang digunakan tak hanya sekadar menjadi tempelan semata.

“Makanlah yang enak, maka hidupmu akan baik-baik saja.”

“bagiku, memasak adalah membahagiakan orang lain. Makanan yang enak bisa bikin bahagia. Lebih dari itu, memasak adalah sebuah kejujuran.”

Melalui sajian makanan manis-nya, Regan dan Alana ingin bercerita bahwa terkadang hidup tak melulu tentang manis, tetapi juga asam. Tentang bagaimana meraih mimpi saat dunia sepertinya tak mendukung mimpi itu. Tentang bagaimana meraih cinta saat kita sendiri mulai tidak yakin cinta itu seperti apa. Bahwa stroberi tak lengkap jika hanya ada manis saja tanpa ada rasa asam, begitu pun sebaliknya.

“Kita punya cara sendiri-sendiri untuk bertahan hidup tanpa orang yang kita cintai. Sebagian orang bertahan dengan memori, sebagian lagi justru terluka karena memori.”

Di bagian belakang novel ini juga diselipkan beberapa resep cake yang pernah dibuat Regan lho.

20161020_0308111

yummy :9

**

Judul buku: STRAWBERRY CHEESECAKEPenulis: Ayuwidya │ Penyunting: Hutami Suryaningtyas dan Dila Maretihaqsari Pemeriksa aksara: Kiki Riskita Sari │ Penata aksara: Anik Nurcahyati dan Martin Buczer │ Penerbit: Bentang Pustaka │ Tahun terbit: 2016 │ Jumlah halaman: 304 halaman │ ISBN: 978-602-291-138-8

sign

Advertisements

4 thoughts on “[Resensi Buku] Strawberry Cheesecake : Manis Asam Cinta dalam Stroberi

  1. Pingback: [Resensi Buku] DÉESSERT : Tentang Mimpi dan Kisah yang Belum Selesai | Bibliotheca Nyctopidhila

  2. Pingback: [Resensi Buku] Il Tiramisu : Manis dan Pahit, Seperti Hidup, Seperti Cinta | Bibliotheca Nyctopidhila

  3. Pingback: [Resensi Buku] LOVE CAKE : Yang Diam-Diam Menujumu | Bibliotheca Nyctopidhila

  4. Pingback: [Resensi Buku] LOVE CAKE : Yang Diam-Diam Menujumu | Bibliotheca Nyctopidhila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s