[Resensi Buku] Hujan Bahagia : Tentang Sabar dan Bersyukur

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu yang lebih banyak dari sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita juga ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Mahamengetahui segala sesuatu.” (QS. An-Nisa, 4:32)

1512223210043[1]

Buku ini terbagi menjadi 5 bagian yang ditandai dengan judul-judul tema, kemudian terbagi lagi menjadi bagian-bagian judul kecil. Bukan, ini bukan novel atau kumpulan cerpen. Dalam sampul depan kamu akan menemukan kalimat seperti ini di bawah judul ‘Hujan Bahagia‘, yaitu:
Menerima diri sendiri,
Mensyukuri takdir Ilahi.

Yap! Ini seperti buku motivasi yang diformat lebih seperti kisah bertema kehidupan yang dibagi penulis. Buku ini bukan juga kumpulan kalimat motivasi. Bukan. Bella ‘memotivasi’ pembacanya lewat kisah orang-orang terdekatnya atau mungkin kisahnya sendiri.

Masih ada enggak sih, sebagian dari kita yang kadang iri melihat apa yang orang lain capai atau dapatkan? Kalau masih ada, mungkin kita masih kurang intensitas bersyukurnya.

Mungkin memang kita harus sering-sering bersyukur. Biar enggak kena penyakit hati seperti iri, dengki, dan saudara-saudaranya. Iya atau iya? Kalau dipikir-pikir, banyak sekali nikmat yang Allah kasih tiap saat. Mulai dari kita bangun pagi hari, sampai kita mau tidur malamnya. Bahkan saat tidur pun, nikmat itu masih Allah persiapkan untuk kita.

*

Siapa saja yang dikehendaki Allah menjadi orang baik, akan diberikan cobaan kepadanya.” (HR. Bukhari)

Hujan Bahagia adalah karya ketiga Janpi–sapaan Hujan Mimpi/Bella–yang ditulis tahun ini. Alhamdulillah, ya, saat ada seseorang yang diberi nikmat dengan menghasilkan karya, ada orang lain yang diberi nikmat untuk membaca dan mendapat manfaat dari karya tersebut. Allah mahaadil bukan? Dia membagi nikmat kepada hamba-Nya sesuai porsi, apa yang terbaik untuk kita.

Buku ini dikemas menarik, berisi kisah-kisah yang bisa dijadikan pelajaran tanpa bermaksud menggurui. Membacanya kadang membuat saya berujar dalam hati, “Iya, ya? Hmmm … sepertinya besok-besok porsi bersyukur saya harus diperbanyak deh.” Hehehe.

So, teman-teman yang baik, tiap orang punya kisah sendiri. Ambil yang baik, buang yang jelek. Jika bermanfaat, enggak ada salahnya dibagi. Sebagai manusia mari lebih bersyukur dan mencintai diri sendiri. ❤

Meski labelnya membawa agama tertentu, saya percaya buku ini penulis tujukan untuk semua orang. Untuk kamu yang memberi kebahagiaan untuk org lain. Untuk kamu yg sering dibahagiakan orang lain.

*

Judul Buku: HUJAN BAHAGIA │ Penulis: Stefani Bella │ Penyunting: Kinanti Atmarandy │ Proofreader: Tree │ Desain Sampul & Tata Letak: Nurul Alfiani & Indra │ Penerbit: QultumMedia │ Tahun terbit: 2017 │ Jumlah halaman: 232 halaman │ ISBN: 978-979-017-365-1

sign

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s